STRATEGI PEMASARAN RITEL (RETAIL)
Strategi pemasaranritel (retail) meliputi :
(1)pemilihan segment target pasar dan penentuan format ritel (retail)
(2)pengembangan keunggulan bersaing yang memungkinkanritel (retail) untuk mengurangi tingkat kompetensi yang dihadapi.
Ritel (retail) yang berhasil harus memenuhi kebutuhan pelanggan pada segmen pasar yang dilayani secara lebih baik daripada yang dilakukan pesaing. Pasar ritel (retail) bukan merupakan tempat khusus dimana para pembeli dan penjual bertemu, tetapi sebagai kelompok konsumen dengan kebutuhan-kebutuhan yang sama (segmen pasar) dan sekelompok ritel (retail) yang menggunakan format ritel (retail) yang sama untuk memenuhi kebutuhan konsumen tersebut.
Pasar sasaran dalam ritel (retail) sering kali ditetapkan berdasarkan faktor demografis, geografis dan psikografis. Menetapkan pasar sasaran merupakan syarat untuk menetapkan strategi bauran ritel (retail).Bauran ritel (retail) atau disebut dengan retail mix adalah kombinasi elemen- elemen produk, harga, lokasi,personalia, promosi dan presentasi atau tampilan-untuk menjual barang dan jasa pada konsumen akhir yang menjadi target pasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar